Senin, 28 November 2011

Tips dan Trik Bagaimana Membedakan Kopi Luwak Asli atau Palsu ??

kulit ari green bean kopi luwak








Minggu lalu saya sudah menjelaskan lebih lanjut mengenai Tips dan Trik Bagaimana Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu (Bag 1),dan ternyata respon penikmat dan pecinta kopi luwak sangat besar sekali,banyak sekali yang meminta artikel lanjutan mengenai Tips dan Trik Bagaimana Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu (Bag 2) melalui email (deniardian212@gmail.com).Diantara mereka yang meminta saran dan konsultasi mengenai keaslian kopi luwak adalah Alan Yeung seorang buyer Kopi luwak dari China,berikut email dari beliau:
Dear Sir/ Madam,
My name is Alan, a coffee buyer in China, recently i have been dealing with several Kopi Luwak producers who claimed they sell the real Kopi Luwak coffee. Can you tell me how to distinguish the real Luwak coffee? and any certificate can prove that? I hope your professionalism can help me selevt the right seller.
Best regards,
Alan Yeung


Ada juga email dari Lily yang mengirim email dan menanyakan tentang Bagaimana cara membedakan kopi luwak asli dan palsu,Berikut email dari Lily:
Mas, saya mau nanya gmn cara bedainnya yg asli dan palsu yah? Apakah kalo qta beli dr produsen dlm bentuk roasted bean dah pasti asli?? Saya mau beli harga roasted bean dikasi 700 rb.

Dan yang terakhir adalah seorang mahasiswa yang bernama Darma Yase.Berikut ini email dari beliau:
selamat pagi .
sehubungan dengan tugas laporan perkuliahan jurusan gizi dengan judul ” penelitian tentang perbedaan kopi luwak dengan kopi biasa terhadap tingkat penerimaan, yang mencangkup karakteristik mutu kopi meliputi fisik, kimia ( caffein, protein ) “.
mohon kiranya untuk memberikan informasi / referensi tentang proses fermentasi kopi luwak di dalam perut luwak.
saya sangat membutuhkan informasi tersebut.
terimakasih sebelumnya.
Oke,Sekarang kita lanjutkan artikel kita tentang Tips dan Trik Bagaimana Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu (Bag 2),Saat ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membedakan kopi luwak yang asli dan kopi luwak yang palsu secara fisik atau melalui bentuk fisik dari kopi luwak tersebut.Jika kita ingin membedakan kopi luwak secara fisik,tentunya akan lebih mudah ketika kita melakukan pengamatan,saat kopi luwak dalam bentuk raw(ketika biji kopi masih bercampur dgan kotoran), green bean/unroasted green bean (kopi luwak yang masih dalam bentuk biji sebelum di roasting/digoreng).Tapi saat ini saya hanya akan membahas seputar green bean saja.Perbedaan paling mendasar dari kopi luwak yang asli dan palsu dalam bentuk green bean unroasted green bean,adalah biji kopi luwak green bean yang asli memiliki biji yang utuh,mulus dan tidak cacat.Cacat disini adalah biasanya biji kopi luwak ada bintik hitam dan pecah.Kopi luwak yang asli memiliki kecenderungan hampir sempurna dari segi tampilan,sangat jarang sekali ada bintik hitam dan pecah pada green bean kopi luwak.Karena Hewan luwak memiliki insting yang sangat kuat,untuk hanya memakan biji kopi terbaik.Maka dari itu bentuk kopi luwak cenderung sempurna.Jika ada kopi luwak dalam bentuk biji (green bean) yang banyak terdapat bintik hitam dan pecah,maka perlu diwaspadai,jika kopi luwak tersebut memiliki kecenderungan tidak Asli.
Ciri fisik lain dari kopi luwak asli adalah pada kopi luwak asli warna merata kekuningan dan lebih wangi,Sedangkan kopi luwak biasa atau yang palsu memiliki warna yang tidak merata,berwarna hijau,dan tidak harum.Warna merata kekuningan pada kopi luwak berasal dari fermentasi sempurna dalam perut hewan luwak.
Yang terakhir,ciri kopi luwak yang asli yaitu,Kulit ari ketika akan diolah menjadi green been pada kopi luwak yang asli,sangat mudah sekali terlepas.Sedangkan pada kopi luwak yang palsu atau kopi biasa,kulit ari kopi luwak tidak mudah terlepas atau cenderung lengket pada biji kopi.
Jadi untuk tips dalam membeli kopi luwak:
1.Sebelum anda bertransaksi,minta kirimkan dulu foto green been kopi luwak yang akan dikirim dalam jarak dekat,kemudian pastikan memenuhi kriteria atau ciri-ciri kopi luwak yang sudah saya sebutkan diatas.
2.Bertransaksilah menggunakan jasa pihak ketiga,misalnya menggunakan rekening bersama,atau jika dalam dunia international yang paling terkenal escrow.Cara ini dapat meminimalisir kerugian.Jika penjual tidak mau bertransaksi menggunakan jasa pihak ketiga,anda patut mencurigainya.
3.Waspadalah dengan harga kopi luwak yang dibawah harga pasaran.Karena saya menemui banyak sekali metode para petani kopi luwak untuk membuat kopi luwak sekilas seperti asli,diantaranya dengan mencampur biji kopi segar dengan pisang,kemudian memberikan kepada luwak.Hal ini mampu mengelabui hewan luwak yang menganggap biji kopi tersebut adalah pisang,karena sudah di campur dengan pisang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More